Kamis, 27 Februari 2014

Hebdomas "Hari & Tanggal" 1930-an -Bahasa Indonesia-















Jam saku diatas memiliki Tiga Keunikan, Sekali Putar untuk 8 hari, Ada Penunjuk Tanggal dan Hari, serta berbahasa "Indie".....Indonesia Tempoe Doeloe. Menurut www.hebdomas.net  ( http://www.hebdomas.net/hebdomas/HEBDOMAS_story.html  ) Hebdomas  "Complicated Day Date" adalah produksi tahun  sekitar 1930-an.

Hebdomas  Berdiri tahun 1888 di La Chaux-de-Fonds (switzerland) tepat di perbatasan Swiss dan Prancis, di buat oleh para ahli /pengrajin Jam secara manual piece by piece dengan Quality Standard yang tinggi. Ditahun 1900 Hebdomas memperoleh Gold Medal di PARIS UNIVERSAL EXPO atas INOVASI TEHNOLGI terbaik.


Tahun 1918 Pabrik Hebdomas memperkerjakan 1000 pekerja dengan moto " 1000 WORKERS 1000 WATCH IN A DAY" berarti dengan Kontrol Quality yang ketat ,  setiap 1 Pekerja secara manual Menghasilkan 1 Jam Kantong setiap 1 hari.


Kini Jam Kantong Hebdomas menjadi salah satu jam Antik incaran Kolektor,  Bila kita perhatikan melalui situs Penjualan / Lelang terkemuka, Hebdomas selalu saja terjual . Peningkatan Harganya cukup Signifikan dari tahun ke tahun.

Hebdomas Pernah hadir/ di Pasarkan khusus untuk Indonesia salah satunya adalah Jam Kantong diatas. Hadir dengan Marking "Bospana" "8 Hari" (dibawah penujuk Hari) serta "8 Daags" (bahasa belanda : 8 hari ) dibawah penunjuk tanggalnya.

"Bospana" adalah Merk Peralatan Medik & Kesehatan sekitar tahun 1925-an. Kini peralatan dengan merk tersebut banyak tersimpan di Museum BOERHAAVE Nederland-Belanda. ( http://www.museumboerhaave.nl/object/thermometer-v19785/ )   Besar Kemungkinan Jam Kantong ini dibuat atas Permintaan Produsen Peralatan Kesehatan Bospana untuk keperluan Niaganya di Nederland Indie-/Indonesia waktu itu.

Masih berfungsi Cukup Normal dengan Casing lapis Perak serta rantai Solid Silver ditawarkan berikut Key Chain sebuah Pisau lipat Carl Schlipper-Remsched-Solingen dalam kondisi baik.

Jarum Penunjuk Tanggal dan Hari kemungkinan bukan bawaannya tapi Dial yang masih sempurna serta Jarum penunjuk Waktu model ukir membuat Jam Kantong unik ini terlihat Cantik dan Menarik.


SMS atau BBM
http://antiques-in-indonesia.blogspot.com/